Arsitek merupakan seseorang yang memiliki keahlian di bidang ilmu arsitektur. Jadi mereka ahli dalam merancang bangunan atau lingkungan binaan. Kata arsitek sering sekali diartikan secara sempit sebagai seorang perancang bangunan yang melibatkan proses perancangan dan mengawasi kontruksi bangunan. Mereka memiliki peran untuk memandu keputusan yang dapat mempengaruhi aspek bangunan dalam sisi astetika, budaya dan masalah sosial.

Ternyata definisi yang sudah disebutkan diatas kurang tepat karena seorang arsitek memiliki pekerjaan dalam lungkup yang sangat luas. Mulai dari lingkup bangunan, lingkup ruang interior ruangan, lingkuo kompleks bangunan dan sampai lingkup kota. Sehingga lebih tepatnya seorang arsitek merupakan seorang ahli dalam bidang ilmu arsitektur, dan ahli merancang bangunan.

Proses Membangun Rumah dengan Jasa Arsitek Rumah

Bukan rahasia lagi kalau keahlian seorang arsitek rumah dapat membantu anda dalam proses membangun rumah impian menjadi lebih baik dan nyaman. Tidak hanya itu ternyata arsitek juga dapat membantu anda dalam memastikan semua kebutuhan rumah baru anda. Kebutuhan desain, kebutuhan biaya pembuatan rumah, dan informasi bahan atau material yang baik untuk pembuatan rumah. Berikut ini akan dijelaskan agar anda sukses menjalin kerjasama dengan arsitek untuk membangun atau merenovasi rumah impian. Silahkan simak beberapa langkah berikut ini :

www.pexels.com
  1. Mencari arsitek handal dan berkualitas

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai jasa dan karya seorang arsitek  maka anda harus mencari informasinya dari berbagai sumber seperti dari majalah desain, website atau informasi lainnya. Dalam proses mencari seorang arsitek tidak sekedar mencari yang terkenal atau professional, namun anda juga memperhatikan kebutuhan. Mengingat para arsitek ini memiliki ciri khas dalam berkarya. Silahkan sesuaikan semua karyanya sesuai dengan kepribadian anda, sehingga akan terbentuk kerjasama yang berjalan dengan baik dan lancar. Ketika anda sudah menemukan arsitek yang tepat maka silahkan sampaikan daftar ketersediaan dana, kebutuhan ruangan, dan rencana jangka panjang rumah baru anda.

  1. Survei lokasi

Sebelum anda mendesain rumah maka seorang arsitek perlu melakukan survei lokasi yang akan dibangun sebuah rumah. Hal ini bertujuan untuk memberikan sebuah gambaran deskriptif untuk membentuk rancangan nantinya. Proses survei ini sebenarnya tidak cukup hanya dilakukan sekali saja karena pihak dari arsitek akan melakukan peninjauan rutin selama proses pembangunan. Proses ini biasanya dapat memakan waktu sampai 2 – 3 minggu.

  1. Proposal konsep desain

Biasanya setelah melakukan survei dan melakukan konsultasi dengan anda maka arsitek biasanya akan mengajukan konsep desain dan harga desainnya. Biasanya mereka mengajukan gambar konsep pembagian ruang dan fasad. Proposal desain belum final karena masih sangat bisa mengalami revisi dan diperdalam kembali. Pada tahap ini anda dapat meminta penawaran bentuk ruangan sesuai kebutuhan dan selera anda.

  1. Kontrak kerja

Apabila arsitek dan anda sudah menyepakati konsep desain dan harga desain maka langkah selanjutnya adalah membuat kontrak kerja. Kontrak kerja ini berisikan soal kesepakatan mengenai pembayaran dan daftar gambar yang menjadi kewajiban seorang arsitek. Dalam kontrak tersebut akan disebutkan hak anda selama proses pelaksanaan pembangunan sampai terjadi serah terima. Untuk menghidari sebuah kesalahan maka silahkan bacar kontrak kerja secara teliti.

www.pexels.com
  1. Proses desain

Tahapan ini merupakan proses untuk melengkapi semua gambar rumah yang meliputi struktur rumah, gambar arsitektur dan masih banyak lainnya. proses ini biasanya memakan waktu sampai 2 hingga 4 minggu. Bergantung banyak atau tidaknya revisi. Kasus yang sering terjadi adalah seorang arsitek harus merubah konsep  karena pihak pemilik rumah memiliki keinginan yang berubah-ubah.

  1. Mencari kontraktor

Dalam hal ini seorang arsitek juga dapat membantu dalam hal mendapatkan kontraktor yang tepat dan berkualitas. Mengingat biasanya mereka sudah salin kerjasama melalui proyek pembangunan sebelumnya. Proses ini biasanya dapat memakan waktu hingga 2 minggu. Sementara menunggu, anda juga dapat mulai mengajukan surat izin mendirikan bangunan atau IMB dengan menyertakan gambar kerja dari seorang arsitek. Kalau anda tidak memiliki banyak waktu maka anda dapat meminta bantuan dari pihak kontraktor untuk mengurus proses perizinan.

  1. Proses pembangunan

Proses ini merupakan proses yang paling seru, karena semua rancangan dari arsitek akan dibangun dalam bentuk yang nyata. Proses pembangunan ini dapat memakan waktu hingga 6 bulan, bergantung proses pengerjaannya. Ketika anda kesalahan pada proses pembangunan maka anda tidak perlu panik, karena semua dapat diperbaiki dengan baik.

  1. Masa retensi

Setelah proses pembangunan maka pihak kontraktor akan memberi garansi perbaikan selama 3 bulan dalam proses renovasi. Ketika anda masalah seperti kebocoran, engsel macet atau retak yang diakibatkan oleh kesalahan pengerjaan maka anda dapat mengajukan klaim.

www.pexels.com

Manfaat Menggunakan Jasa Arsitek Rumah

Mengapa harus menggunakan jasa seorang arsitek ? maka kan dijelaskan beberaoa manfaat ketika menggunakan jasa seorang arsitek untuk membangun rumah impian.

  1. Sesuai dengan harapan

Estetika sebuah bangunan rumah akan menghasilkan sebuah desain yang lebih baik dan sesuai dengan harapan anda. Rumah yang dibentuk dengan desain yang diinginkan akan segera terwujud dengan bantuan seorang arsitek.

  1. Memiliki karakter dan nilai lebih

Setiap arsitek memiliki karakter dan ciri khas tersendiri dalam hal mendesain sebuah rumah. Dengan berbagai pengalaman dan kualitas yang dimiliki maka akan menjadi sebuah nilai tambah dan memiliki desain yang lebih baik dibandingkan membangun rumah tanpa kerjasama dengan arsitek.

  1. Memanfaatkan sirkulasi tata ruang dan fungsinya

Kebutuhan akan kenyamanan dalam beraktifitas keseharian bergantung pada tata letak ruangan di dalam rumah. Hal ini dikombinasikan sesuai dengan hierarki fungsi masing-masing ruangan. Sehingga semua elemen bentuk rumah akan memiliki fungsi yang maksimal.

  1. Menjaga mutu dan material dan alternatif

Ketika manusia memiliki usia, maka bahan bangunan pun juga memiliki umur. Maka dari itu pihak arsitek yang mengerti akan kualitas bahan maka tidak akan mengurangi sifat estetikanya. Banyak kita jumpai dengan produk yang bermutu maka dibarengi dengan daya jangkau yang kompetitif. Untuk mengatasi hal tersebut pihak arsitek juga harus memberikan jalan tengah untuk memberikan alternatif serta memberikan spesifikasi keunggulan dan kelemahannya.

www.pexels.com
  1. Mampu mengontrol budget

Merancang anggaran biaya merupakan sesuatu yang sangat penting dalam mengikat semua item. Menjadi sangat penting karena arsitek harus berlaku bijak antara landasan budget dan kebutuhan owner yang telah dianggarkan, tanpa menggurangi estetika bangunan. Dengan mengetahui anggaran maka proses pra-rencana, maka pihak pemilik rumah tidak akan kecewa karena sumuanya sudah diperhitungkan dengan matang.

Demikianlah penjelasan mengenai pentingnya adanya arsitek rumah untuk mewujudkan rumah impian anda. menggunakan jasa arsitek maka anda akan merasakan berbagai manfaat yang sudah dijelaskan diatas. Selain itu, terdapat informasi mengenai jual batu bata merah yang lebih murah dan berkualitas yang cocok untuk anda yang sedang ingin membangun rumah dengan badget yang hemat. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk anda yang ingin membangun rumah baru sesuai selera dan bagdet yang anda miliki.