Umum

Apa Itu Teks Prosedur? Mari Mengenalnya Lebih Jauh

Sebagian besar dari kita tentu sudah pernah membaca atau menonton langkah-langkah pembuatan sesuatu seperti membuat kue, membuat kerajinan tangan dan sejenisnya. Apakah kamu tahu jenis teks dalam langkah-langkah pembuatan tersebut? Nah, itulah yang akan jadi pembahasan kali ini. Teks prosedur namanya. Apa itu teks prosedur?

Pengertian

Secara garis besar teks prosedur dapat diartikan sebagai sebuah tulisan dengan tujuan dasarnya adalah guna menerangkan tahapan-tahapan kegiatan dalam merampungkan sebuah kegiatan. Teks prosedur juga disebut sebagai directory atau petunjuk. Jadi, teks prosedur juga bisa diartikan sebagai jenis teks yang isinya adalah serangkaian petunjuk.

Dengan pengertiannya yang demikian, teks prosedur dibuat dengan tujuan untuk memberikan petunjuk mengenai langkah-langkah agar pembaca bisa mengikuti prosesnya dengan tepat demi menghasilkan sesuatu, baik itu berupa barang ataupun pekerjaan lainnya.

Karakteristik

Teks prosedur tentu memiliki karakteristik yang membuatnya berbeda dengan jenis teks-teks yang lain. Apa saja karakteristik dari teks prosedur? Teks prosedur secara umum punya karakteristik sebagai berikut:

  1. Memakai pola kalimat perintah atau imperatif
  2. Ada judul
  3. Memakai bahasa yang jelas, lebih rinci namun singkat, serta tidak mengandung ambiguitas
  4. Memakai kata kerja aktif dan disusun secara informative lantaran memang dibuat untuk memberikan informasi kepada pembaca
  5. Berisi panduan atau langkah-langkah untuk mengerjakan sesuatu
  6. Memakai kata penghubung untuk mengurutkan kegiatan
  7. Ada aturan atau batasan dalam hal bahan maupun kegiatan untuk melaksanakannya
  8. Ada keterangan yang menyatakan waktu atau tempat maupun cara yang lebih akurat
  9. Bersifat aktual, akurat dan logis

Selain itu, karakteristik teks prosedur satu lagi adalah memiliki struktur berupa judul, tujuan, langkah-langkah serta penutup. Judul sendiri tak lain berisi tentang memberian nama aktivitas yang langkah-langkahnya akan dijelaskan dalam isi. Kemudian tujuan tentu berisi penjelasan apa yang akan jadi pembahasan dalam teks prosedur. Lalu langkah-langkah berisi rincian detail langkah-langkah kegiatan maupun bahan dan alat yang diperlukan dalam proses pembuatan. Serta yang terakhir adalah penutup berisi bahwa penjelasan telah selesainya langkah-langkah kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *