Islam

Apa Itu Akhlak? Inilah Penjelasannya

Akhlak adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengatur perbuatan dan pola sikap yang ada pada manusia. Sistem pengaturan ini sangat penting untuk manusia menjalani kehidupan sehari – harinya. Menerapkan akhlak yang sesuai dengan aturannya akan menimbulkan hubungan antara Allah, manusia, dan juga alam semesta. Kenapa mengenal akhlak menjadi bagian penting dalam belajar agama? Karena akhlak sangat berkaitan dengan tindakan seseorang.

Akhlak sendiri dibedakan menjadi dua bentuk. Akhlak yang pertama adalah akhlak karimah atau akhlak yang terpuji. Akhlak yang pertama inilah yang sangat dianjurkan untuk dimiliki semua orang. Contoh dari akhlak terpuji adalah berkata jujur, sopan, adil, sabar, dan contoh sikap lainnya. Sebagai umat muslim kita semua dituntut untuk bisa menjalani kehidupan sesuai dengan yang dianjurkan agama. Memiliki akhlak yang baik akan mempermudah umat muslim untuk berada di jalan Allah.

Akhlak yang ke dua adalah akhlak mazmumah atau akhlak tercela. Akhlak yang ke dua ini merupakan kebalikan dari akhlak terpuji. Jika semua umat muslim dianjurkan untuk memiliki akhlak terpuji namun untuk akhlak kedua ini tidak dianjurkan untuk dimiliki orang. Seluruh umat muslim harus menjauhi akhlak tercela ini agar bisa lebih dekat dengan Allah. Contoh akhlak tercela adalah sombong, iri, takabur, dengki, gibah, aniaya, dan beberapa sikap buruk lainnya. Mengerjakan akhlak tecela ini lebih besar mendatangkan mudharatnya dari pada manfaatnya. Sesuatu yang memiliki nilai mudharat yang besar harus dihindari agar tidak menimbulkan beragam masalah kedepannya.

Dua bentuk akhlak tersebut harus diketahui semua umat Islam yang ada di dunia. Belajar akhlak terkadang disepelekan karena dianggap mudah untuk dipelajari. Mempelajari akhlak memang mudah, namun untuk penerapan sehari – harinya membutuhkan kesadaran. Tidak semua orang sadar bahwa akhlak yang dimilikinya kurang tepat itulah yang menjadikan belajar akhlak termasuk hal yang penting. Untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya bersikap sesuai akhlak bisa dilakukan dengan belajar akhlak. Kenali akhlak apa saja yang dianjurkan dalam agama Islam dan apa saja akhlak yang harus dijauhi. Belajar akhlak yang terpuji bisa dengan belajar sholat tahajud agar keimanan menjadi lebih baik.

Ada beragam manfaat yang bisa didapatkan orang yang mendirikan akhlak yang baik. Manfaatnya adalah dicintai Allah SWT dan juga dicintai Nabi Muhammad SAW. Selain itu umat muslim yang memiliki akhlak baik akan memiliki timbangan amal berat di akhirat nanti. Hal ini akan membuat umat tersebut bisa lebih mudah menuju surga. Manfaat lainnya adalah orang yang memiliki akhlak baik akan dihargai oleh orang lain, orang – orang akan menghormati dengan akhlak yang baik tersebut. Ada banyak manfaat yang bisa menguntungkan ketika seseorang memiliki akhlak yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *