Deskripsi :

Ada beragam burung kicau yang terdapat di Indonesia, salah satunya adalah burung punai. Burung punai sendiri dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan warna bulunya. Simak disini ya.

Artikel :

Burung kicau yang terdapat di Indonesia sangat beragam. Salah satu yang dikenal memiliki suara merdu adalah burung punai. Burung yang termasuk dalam family Columbidae ini ada berbagai macam jenisnya. Untuk mengetahui jenis-jenis burung punai, mari simak melalui penjelasan di bawah ini.

Aneka Macam Burung Punai di Indonesia

Burung punai termasuk dalam kerabat burung merpati yang umumnya hidup secara berkelompok. Mereka kerap mencari makan berupa buah kecil di pepohonan, misalnya buah ara. Di Indonesia ada beberapa macam burung punai dengan karakteristik tubuh yang mirip. Hal yang membedakan dari masing-masing jenis adalah warna bulunya. Inilah beberapa macam burung punai

  1. Burung Punai Gagak

Burung punai gagak memiliki tubuh yang dibalut bulu yang dibalut warna hijau dan bulu bahu berwarna merah padam. Warna antara burung jantan dan burung betina cukup berbeda. Burung punai jantan memiliki topi dan dada berwarna keemasan. Sedangkan burung punai gagak betina seluruh tubuh, baik kepala maupun bagian bawah berwarna hijau.

  1. Burung Punai Salung

Burung punai satu ini memiliki ciri berupa seluruh tubuh berwarna hijau muda. Ciri khusus yang membedakan dengan burung punai lainnya adalah adanya ekor yang panjang serta meruncing. Pada burung jantan juga terdapat ciri lain, yakni tengkuk atau bagian belakang leher berwarna biru muda.

  1. Burung Punai Penganten

Burung punai penganten jantan memiliki bahu berwarna merah muda dan kepala berwarna abu-abu. Burung punai penganten betina memiliki ciri mirip dengan penjantan, namun area muka berwarna hijau. Kedua burung memiliki ekor dengan 2 warna, yakni warna hijau di bagian tengah dan warna abu-abu di bagian luarnya.

  1. Burung Punai Lenguak

Salah satu ciri khas burung punai jenis ini adalah paruh yang tebal. Ciri lainnya adalah adanya ekor dengan 2 warna. Bagian tengah dari ekor berwarna hijau, sedangkan bagian luar berwarna abu-abu. Burung punao lenguak jantan memiliki mahkota berwarna abu-abu, pangkal paruh berwarna merah dan bahu berwarna merah muda. Sedangkan burung betina memiliki tubuh berwarna hijau dan mahkota abu-abu.