Bisnis

Memahami Akuntansi Perusahaan Dagang Secara Singkat

Perusahaan dagang merupakan suatu erusahaan yang bergerk pada bisang penyediaan, pemasok, dan penjual barang dagangan kepada konsumen tanpa merubah bentuk dai barang yang akan dijual. Akuntansi perusahaan dagang  akan dihitung berdasarkan dari nilai penjualan yang telah dilakukan. Akuntansi ini bertujuan untuk menghitung laba atau rugi dari suatu perusahaan dagang yang ada. Hasil dari penghitungan akuntansi ini dilakukan dengan cara mengurangi hsail penjualan dengan modal yang yang dikeluarkan. Jadi akan terlihat seberapa esar keuntungan yang dimiliki oleh perusahaan dagang tersebut. dalam akuntansi ini akan sama halnya dengan akuntansi yang dilakukan pada perusahaan penyedia jasa. Nilai hasil dari akuntansi ini akan sesuai dnegan nilai pembelian dan penjualan yang telah dilakukan. Jadi nilai ini akan menyesuaikan dengan nilai reabilitas yang ada.

Perbedaan akuntansi perusahaan dagang dengan perusahaan jasa

Perbedaan utama dari akuntansi perusahaan dagang dan perusahaan jasa terletak pada aktivias dan akun-akun yang ada pada kedua perusahaan tersebut. terdapat banyak akun dari perusahaan dagang yang tidak ada pada perusahaan jasa. Akun tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

pxhere.com
  • Akun pembelian. Akun ini merupakan suau akun untuk mengetahuai nilai dari pembelian yang dilakukan. Akun ini akan mencatat setiap penjuakan yang dilakuan sebelum barang akan dijual ke konsumen. Melalui akun ini akan tercatat semua barang yang masuk untuk dijual kembali.
  • Akun penjualan. Akun ini akan menyimpan setiap data penjualan yang dilakukan. Akun ini akan mencatat setiap penjualan dari barang dagangan yang ada. Jadi aan dapat diketahui berapa jumlah dari barang dagangan yang telah terjual kepada konsumen.
  • Akun persediaan. Akun ini akan mencatat setiap barag yang tersedia pada perusahaan dagang. Akun ini akan menyimpan data barang yang ada dan dijual oleh perusahaan ini. Jadi akan dapat diketahui barang yang masih tersedia atau yang telah habisa dari menggunakan akun ini.
  • Harga pokok penjualan. Harga pokok penjualan atau HPP ini akan digunakan untuk menentuka harga beli barang yang akan dijual kepada konsumen dalam periode tertentu. Harga ini snaagt dipengaruhi leh harga barang dipasaran. Jadi besaran harga pokok ini akan ditentukan dengan nilai harga jual barang yang ada di pasaran sekarang ini.
  • Akun potongan tunai. Akun ini digunakan untuk penentuan dan pemberian harga diskon dari suatu barang. Akun ini akan mencatat segala potongan harga yang diberika pada suatu barang tertentu untuk dijual. harga ini akan disesuai sedemikian rupa sesuai dengan kebijakan yang diambil.
  • Akun potongan pembelian. Akun ini akan mencatat segala potongan harga yang dilakukan saat transaksi pembelian barang. Harga ini adalah harga yang diberika oleh produsen kepada perusahaan dagang yang telah membayar secara tunai atau langsung lunas dalam periode tertentu.
  • Akun retur penjualan. Akun ini akn mecatat segala barang yang dikembalikan atau tidak laku dipasaran. Barang ini aan disimpan dan dicatat pada akun ini.
  • Beban pemasaran. Akun ini mencatat setiap beban pemasaran yang ditanggung perusahaan dagang mulai dari pengadaan barang sampai dengan barang yang telah dibeli oleh konsumen.

Dari penjelasan akun di atas maka akan dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan besar dan signifikan antara perusahaan dagang dan perusahaan jasa. Hal ini juga akan mempengaruhi banyak dari hasil akuntansi yang akan dilakukan. Perbedaan system akuntansi ini menjadi salah satu cirri pembeda antara perusahaan dagang dan perusahaan jasa. Pada perusahaan dagang, perhitungan akuntasi akan berfokus pada penjualan barang kepada konsumen sedangkan pada perusahaan jasa focus akuntansi berada pada pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Dilihat dari hal ini pun sudah terlihat dengan jelas perbedaan dari kedua perusahaan ini.

pxhere.com

Jenis laporan pada akuntansi perusahaan dagang

Pada kegiatan pencatatan yang dilakukan pada akuntansi perusahaan dagang akan terdapat beberapa macam laoran yang harus ada pada system akuntansi ini. Laporan ini wajib ada pada setiap hasil dari akuntansi ini. Laporan tersebut antara lain adalah:

  • Laporan untung rugi

Laporan ini merupakan laporan inti dari perusahaan dagang. Laopran ini berisi tentang nilai untung rugi yang dihasilkan oleh perusahaan dagang tersbut. Melalui laporan ini akan dapat terlihat besaran keuntungn dan kerugian dari sebuah perusahaan dagang.

  • Laporan neraca

Laporan neraca ini berupa laporan yang terdiri dari dua kolom debit dan kredit. Akun ini akan tercatat dengan rapi pada laporan ini. Laporan neraca ini harus seimbang antara kredit dan debet yang telah dilakukan oleh perusahaan dagang ini.

  • Laporan perubahan keuangan

Merupakan laporan dari arus kas keuangan yang mengalir pada perusahaan dagang. Laporan ini dibuat untuk memantau kondisi dari perusahaan dagang. Dengan adanya laporan ini pihak perusahaan dapat mengontrol segala aktivitas yang terjadi pada perusahaan tersebut.

pxhere.com
  • Tutup buku

Lapoan ini merupakan laporan terakhir yang dilakukan. Laporan ini berisi tentang semua hal yang telah dilakukan oleh perusahaan dagang. Laporan ini akan terdiri dari setiap laporan yang telah dilakukan. Jadi laporan ini adalah kumpulan laporan yang telah dilakukan pada periode tertentu sesuai dengan SOP dari perusahaan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *