wisata

Wisata Gunung Kidul Air Terjun Srigethuk

Daerah gunung kidul termasuk daerah yang selalu kesulitan untuk memperoleh air bersih ketika musim kemarau tiba. Namun jika anda mengunjungi gunung kidul, akan lebih menyenangkan jika anda menikmati air terjun srigethuk yang memiliki pemandangan yang bagus. Meskipun berada di kawasan gunung kidul yang katanya sulit mendapatkan air bersih, namun pada kenyataanya di gunung kidul justru memiliki pariwisata berupa air terjun yang sangat indah. Air terjun di kawasan gunung kidul ini sudah dangat populer di kalangan para wisatawan yang berkunjung ke jogja. Memang secara geografis, gunung kidul tersusun atas  tanah yang cenderung tandus. Herannya di atas tanah yang tandus itu justru berdiri kokoh pohon jati. Akan tetapi ketika musim kemarau tiba pohon jati menjadi meranggas karena kekeringan.

Sensasi Wisata Air Terjun Srigethuk

Mengunjungi  air terjun srigethuk memang tidak bisa dilepaskan dari jadwal tour wisata di jogja. Apabila anda suka dengan jiwa petualangan, maka lokasi ini sangat sesuai untuk jiwa petualang anda. Ada beberapa alasan mengapa lokasi wisata ini layak dipilih dan dikunjungi di saat musim liburan:

unsplash.com
  • Lokasi air terjun berada di daerah imogiri. Apabila ingin menuju ke lokasi tersebut, anda akan melalui jalanan yang cukup mendebarkan. Bagi anda yang suka dengan petualangan, maka jalanan menuju air terjun merupakan lokasi yang cocok. Ketika berkendara ke lokasi air terjun, anda akan menjumpai jalanan yang cukup tandus. Selain karena tandus, jalanan menuju air terjun memiliki tikungan yang cukup tajam serta medan perjalanan yang sangat sulit untuk dilalui.
  • Di tengah jalanan dan lahan yang tandus, air terjun ini bagaikan air yang mampu menyejukkan. Selain karena pemandangannya yang benar-benar indah di sekeliling air terjun, keberadaan sumber air bersih yang benar-benar dibuat dan dikelola dengan baik yang menjadi sumber utama untuk pengairan sawah warga sekitarnya. Air tersebut bermuara di sungai oyo yang sangat menarik berkat pemandangannya yang eksotis di lihat oleh mata.
  • Ketika pengunjung sampai dari perjalanan yang cukup jauh, maka pengunjung bisa segera menikmati pemandangan yang sangat menyejukkan. Air terjun yang berasal dari air pegunungan yang sangat jernih ditambah dengan airnya yang bergemericik merdu menjadi penyejuk hati. Pengunjung akan bertemu dengan banyak sekali anak tangga untuk turun menuju ke air terjun. Anak tangga ini memandu anda untuk menikmati pemandangan sekitarnya. Sehingga bagi anda yang tidak pernah berolahraga, anda bisa sekaligus latihan dengan menuruni anak tangga untuk sampai di air terjun yang memiliki pemandangan sangat indah. Sensasi petualangan untuk sampai di air terjun ini benar-benar terbayarkan dengan melihat sejuknya air dan jernihnya air di objek wisata ini.
  • Ada dua pilihan bagi para pengunjung setelah menuruni anak tangga untuk menuju ke air terjun. Pilihan pertama adalah dengan menggunakan perahu karet. Sedangkan pilihan kedua dengan menggunakan jalan setapak yang berada di sekitar sungai. Akan tetapi bagi para pengunjung, pilihan yang paling banyak disukai adalah dengan cara menaiki perahu karet. Sebab dengan menaiki perahu karet pengunjung bisa menikmati pemandangan menyusuri sungai. Apabila memilih untuk berjalan kaki,tidak perlu risau, sebab ketika berjalan kaki, anda akan menikmati pemandangan di sekitar air terjun melalui jalanan setapak yang berada di sekitar sungai. Bagi yang suka dengan petualangan tentu akan lebih memilih untuk menggunakan cara jalan kaki untuk sampai di air terjun.
unsplash.com

Air Terjun Di Sekitar Tebing

Objek wisata  air terjun srigethuk pada dasarnya merupakan salah satu objek wisata yang sangat mudah untuk dijangkau. Mudahnya di jangkau karena aor terjun ini memiliki lokasi yang cukup dekat dengan tebing. Tebing atau jurang yang ada di sekitar air terjun memang menambah sensasi menegangkan di air terjun. Bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi, tentu saja membuat objek wisata ini termasuk sangat disarankan untuk dikunjungi. Air terjun yang diapit oleh tebing-tebing yang sangat tinggi membuat pemandangan air terjun menjadi semakin indah dan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Memilih paket wisata jogja sangat disayangkan jika anda tidak mengunjungi air terjun yang airnya sangat jernih dan bermuara di sungai oyo. Tidak perlu risau perihal tiket masuknya. Pengunjung hanya perlu membayar sekitar 15 ribu per orang untuk bisa menikmati pemandangan menyejukkan di sekitar air tejrun yang sangat menawan tersebut. Bukan itu saja, anda akan mendapatkan bonus bisa masuk ke gua rancang kencana tanpa perlu dimintai tiket tambahan lagi. Apabila ingin menyusuri sungai untuk bisa sampai di air terjun dengan perahu karet, anda akan diminta untuk membayar sekitar 10 ribu saja untuk menyewa perahu karet tersebut. Pilihan menggunakan perahu karet memang cukup banyak dipilih wisatawan. Sebab selain menghemat tenaga, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan di sekitar tebing yang mengelilingi sungai. Sehingga perjalanan menuju air terjun terasa sangat nikmat. Bukan itu saja pemandangan sekeliling disertai air sungai yang sejuk, jernih dan dingin semakin melengkapi keseruan kunjungan ke air terjun yang berada di gunung kidul.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *